Anak IT Blog IT

Senin, 14 November 2011

Cara Memilih Free Hosting Yang Baik

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... Bagi para peselancar dunia maya tentunya sangat ketergantungan dengan yang namanya Domain dan Hosting dalam menjalankan sebuah website pribadi ataupun untuk blog/website profit, namun kebanyakan diantara mereka lebih memilih paid hosting dari pada free hosting, karena memang free hosting tidak cocok untuk dibangun sebagai website yang menghasilkan, free hosting biasanya hanya digunakan untuk kegiatan pribadi bukan untuk kegiatan komersial. hal ini dapat diketahui bahwa free hosting sangat banyak kekurangan dari segi features maupun technicalnya sendiri. namun bukan berarti free hosting tidak bisa dibuat web komersial.

Sebenarnya free hosting itu sangat penting juga, karena dapat menghemat bila web kita masih baru, coba perhatikan kalau di hosting berbayar sama saja karena juga tidak memakan bandwith yang banyak. kalau seandainya web kita sudah mumpuni untuk pindah ke hosting berbayar baru siapkan budgetnya untuk menyewa hosting tersebut.

Berikut beberapa tips dari saya untuk rekan rekan semua dalam memilih free hosting provider yang baik sesuai dengan kebutuhan, ingat pilih sesuai kebutuhan bukan sesuai keinginan!

1. Perhatikan apakah web kita mempunyai target untuk visitor atau hanya digunakan sebagai rumah singgahan yang tidak terlalu mematok visitor untuk berkunjung ke web kita tersebut, maka kita tidak harus mencari hosting yang space besar namun cukup memilih provider yang memberikan space kecil tapi memiliki features yang lumayan kan.

2. Tentunya kita membuat web harus mempunyai software pendukung untuk membangun sebuah website tersebut, jadi apakah kita memerlukan Fantastico atau Softaculous dan lain lainnya. jika demikian, carilah provider yang menyediakan software tersebut atau hanya untuk hosting file saja maka kita tidak perlu mencari provider yang sedemikian rupa toh percuma saja punya software tersebut tapi tidak digunakan.

3. Carilah free hosting provider yang tidak terlalu eksis dan jangan terlalu eksis, karena mengapa? kalau yang terlalu eksis biasanya securitynya kuat dan seandainya ada aktifitas yang mencurigakan siap siap akun di banned apalagi file filenya warez semua, dan untuk yang tidak terlalu eksis jangan dipilih juga karena pasti penanganan belum profesional ada bug lah server uptime tidak terjamin memang semua free hosting sebenarnya tapi paling tidak kita mendapatkan free hosting provider yang lumayan dalam kategori free hosting.

4. Carilah review terlebih dahulu di beberapa website seperti www.free-webhosts.com biar kita tahu dan yakin akan memilih sebuah free web hosting provider yang sesuai kebutuhan kita.

5. Atau yang tidak ingin repot dapat gunain langsung webs.com kita tidak perlu lagi menginstall script apapun, setelah daftar maka kita akan mendapatkan website gratis seperti namakita.webs.com.

6. Tunggu lanjutan tentang tips Domain ya...

Semua tutorial diatas hanya untuk pemula seperti saya :p tidak disarankan bagi yang udah profesional.

0 komentar:

Posting Komentar


Sebelum meninggalkan blog Anak-IT-Blog ada baiknya kamu meninggalkan sekecil saran, komentar pada blog ini agar dapat menjadi masukan buat ane.



Ingat! Kamu komentar, akan saya ikutin :D Oke.