Anak IT Blog IT

Rabu, 11 Agustus 2010

Error Apa Ini "#1146 - Table 'phpmyadmin.pma_column_info' doesn't exist" ?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... Masih seputar mIRC eh MySQL, problem yang kemarin yaitu Pma Di phpMyAdmin sebenernya mau diupdate disana postingannya tapi takut ntar postingan ini g kebaca .

Sebelumnya beberapa penyakit yang muncul dari problem ini adalah,

1.Muncul notice "#1146 - Table 'phpmyadmin.pma_column_info' doesn't exist" tanpa tanda petik di phpMyAdmin

2.Tidak dapat start MySQL

3.Tentu MySQL tidak dapat berjalan

4.File yang ada di config.inc.php pun menjadi kacau balau configurasinya

Sebenernya problem ini juga bukan terjadi hari ini karena juga terjadi kemaren tapi sengaja belum diposting cara membasmi nih problem karena solusinya belum ketemu dan akhirnya sekarang dapat memposting beserta solusinya juga tentunya.

2 Notice tersebut berupa,
--------------------------------

1.

Notice Error Di Sidebar kiri


2.Mohon maaf, karena screenshotnya tidak sempat diambil karena saat itu phpMyAdmin sudah pulih dan sekedar sharing noticenya adalah #1146 - Table 'phpmyadmin.pma_history' doesn't exist tapi notice ini juga akan diselesaikan sama dengan cara dibawah.

Seperti itulah notice yang muncul, sekali lagi maaf tidak dapat menampilkan screenshoot di no.2 dikarenakan tidak sempat mengambil gambar karena phpMyAdmin sudah dalam keadaan sehat wal`afiat.

Masih sama seperti yang kemaren dicari cari di google solusinya tetapi hasilnya nihil, Boleh Di Check Sendiri - Ini Artikel Baru Di Google seperti artikel yang kemaren maka saya mengecek services yang berjalan di background, ternyata saya melihat 2 procces yang berjalan dengan menggunakan nama MySQL51 dan MySQL.

Sayapun berpikir bahwa hal ini tidak ada sangkut pautnya dengan problem ini, dan setelah saya coba cek teliti lagi untuk mengganti procces yang berjalan dari yang awalnya MySQL51 ke MySQL.

Tanpa panjang lebar lagi kita langsung masuk ke tahap pembahasan yang ditunggu tunggu ya untuk meresolved notice error yang dimunculkan dan tentunya dapat memulihkan phpMyAdmin dan MySQL seperti semula.

Solusi:

1.Pastikan kamu dah pegang password root MySQL
2.Start -> control panel -> administrative tools -> services -> seandainya yang jalan sekarang adalah MySQL51 maka matiin dulu terus start MySQL begitu juga sebaliknya
3.Buka program Xampp Control Panel dan aktifin MySQL, tapi biasanya sudah aktif karena udah di start melalui services tadi
4.Pergi ke dimana tempat penginstalan Xampp dan setelah itu folder phpMyAdmin, contoh: C:\Program Files\Xampp\phpmyadmin\ dan buka file config.inc.php lalu setelah terbuka di line /* Authentication type and info */ masukan semua value yang dibutuhkan seperti user(root), password(password kamu) dsb
Atau, bila bingung cara mengisinya bisa lihat disini
5.Setelah itu save file tersebut
6.Coba Di Refresh http://localhost/phpmyadmin/
7.Selesai

Bila masih berlanjut hubungin saya lagi di form komen dibawah ini ya.

Kesimpulan : Hal ini terjadi karena ada tabrakan procces yang berjalan dibackground, karena saya sebelumnya pernah mereinstall MySQL sehingga terjadi seperti ini.

Ingat! jangan lupa commentnya bila mo tanya!

Tambahan : mengatasi error Pma Di phpMyAdmin disini


Have A Nice Day!

3 komentar:

Posting Komentar


Sebelum meninggalkan blog Anak-IT-Blog ada baiknya kamu meninggalkan sekecil saran, komentar pada blog ini agar dapat menjadi masukan buat ane.



Ingat! Kamu komentar, akan saya ikutin :D Oke.