Anak IT Blog IT

Selasa, 10 Agustus 2010

Ada Apa Dengan Pma Di phpMyAdmin Windows

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... Beberapa hari ini banyak sekali problem yang terjadi pada program aplikasi localhostku ini, dari MySQL tidak bisa start, stop. Dan juga phpMyAdmin tentunya.

Pada kesempatan ini saya ingin mencoba sharing cara mengatasi problem yang ada pada phpMyAdmin berdasarkan notice yang di munculkannya, dan satu notice error yang saya dapat seperti:

Problem:
Connection for controluser as defined in your configuration failed.


Notice Error Di Bottom



Notice Error Di Sidebar kiri


Setelah dicari cari di Google untuk mengatasi masalah ini, ternyata tidak ada satupun solusi yang dapat membantu, sudah juga di cari solusi di situs dev2nya dan hasilnya sama saja.

Dan pada akhirnya saya memeriksa file config.inc.php yang ada pada folder /phpmyadmin di Xampp dan disinilah solusi dapat saya temukan, berikut penelusurannya.

Solusi:
1.Cari file config.inc.php yang terdapat di C:\Xampp\phpMyAdmin\

2.Buka file config.inc.php dengan text editor seperti : Notepad

3.Pada bagian $cfg['Servers'][$i]['controluser'] yang dibawah title /* User for advanced features */ dengan value yang biasanya "pma"(tanpa tanda petik) atau mungkin berbeda, nah disini kamu bisa hapus ajah tuh value yang tadinya 'pma' diganti dengan '' atau sehingga tidak ada value disono


Sebelum



Sesudah



4.Save/Simpan file tersebut atau istilahnya overwritted

5.Sekarang saatnya melihat hasil dengan cara buka tab http://localhost/phpmyadmin/

6.Selesai


Semoga Dapat membantu dan mudah dipahami ya soubat...

5 komentar:

thANk's...tipsnya membantu sekali... Blognya juga bagus..mkn akan lebih baik kalau kolom artikelnya diperlebar,,...sukses!!!

^.^ makasih gan.. ketemu error yg sama jg nih..

huuaaa..akhirnya ketemu juga solusinya..
makasih yaa..
sangat membantuu :D

Posting Komentar


Sebelum meninggalkan blog Anak-IT-Blog ada baiknya kamu meninggalkan sekecil saran, komentar pada blog ini agar dapat menjadi masukan buat ane.



Ingat! Kamu komentar, akan saya ikutin :D Oke.